Selasa, 16 Maret 2010

Ilmu studi pembangunan

ilmu studi pembangunan (isp) adalah merupakan salah satu dari cabang ilmu ekonomi,selain daripada akuntansi dan menajemen yang lebih menekankan pada pendekatan mikro,sedangkan ilmu studi pembangunan ini lebih menekankan terhadap pengkajian sisi makro nya.

Pembangunan (development) merupakan permasalahan pokok bagi masyarakat bangsa-bangsa berkembang (developing nations). Pembangunan berkenaan dengan kebebasan dan kemampuan bangsa, untuk meraih masa depan yang lebih baik. Terentaskannya kemiskinan, meningkatnya kesejahteraan, politik demokratis, kesetaraan jender, kemajuan iptek, dan inovasi, keamanan (security), serta keberlanjutan lingkungan merupakan parameter-parameter penting pembangunan, yang makin menjadi perhatian bangsa-bangsa di dunia.

Studi pembangunan (development study) merupakan ilmu pengetahuan yang berkembang melalui studi multi-disiplin atas permasalahan pembangunan. Watak multidisiplin Studi Pembangunan merupakan konsekuensi alamiah dari watak multi-dimensional permasalahan pembangunan itu sendiri. Sebagai ilmu pengetahuan, Studi Pembangunan tersusun atas tiga unsur pokok yang saling berkaitan: unsur normatif (nilai-nilai dan etika); unsur deskriptif (teori-teori); dan unsur preskriptif (strategi dan teknik).

Studi Pembangunan dibutuhkan bagi mereka yang ingin meningkatkan sumbangsihnya dalam menjawab permasalahan pembangunan: pembuat kebijakan, pelaku administrasi publik, pelaku usaha dan perbankan, pelaku LSM, pelaku riset dan iptek, pelaku sosial-politik, dan unsur-unsur sosial lain di masyarakat.

Perubahan tatanan ekonomi dan politik global membuka peluang-peluang baru, dan sekaligus menghadirkan tantangan-tantangan baru, bagi pembangunan bangsa Indonesia. Kekayaan budaya, keanekaragaman hayati, kondisi unik geo-oseanografi yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan keunggulan komparatif yang dapat menjadi sumberdaya potensial untuk memantapkan posisi Indonesia dalam kerjasama antarbangsa dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar